Produk Bedelau

Bangsal Bedelau memproduksi alat musik gambus komplit dengan gendang dan rebabnya. Selain itu kami juga membuat kompang. Berikut ini adalah beberapa produk utama karya Bangsal Bedelau:

  1. gambus melayu riauGambus. Alat musik gambus kami dibuat secara tradisional. Bahan body gambus dibuat dari batang  pohon nangka yang dipahat sehinga membentuk "perut", "leher", "kepala" dan "buntut" gambus. Kayu nangka merupakan pilihan utama untuk gambus yang telah digunakan sejak jaman dahulu kala. Kelebihan kayu nangka adalah mudah di pahat, ringan dan memiliki kualitas suara yang sangat baik. Untuk bahan penutup kulitnya, dipilih kulit kambing, karena kelenturan dan ketebalannya yang pas sehingga menghasilkan suara petikan senar yang nyaring dan enak didengar.
  2. marwasMarwas atau Meruas merupakan pengiring dari petikan gambus yang dipegang dan ditabuh dengan telapak tangan. Fungsi marwas ini adalah sebagai "penengkah" petikan senar gambus. Terbuat dari beberapa jenis kayu terutama karyu jenis kayu terentang yang sudah terkenal karena suaranya yang lantang dan nyaring.
  3. gendang panjangGendang Panjang, adalah alat musik yang digunakan dalam berbagai prosesi seni melayu seperti pengiring silat pengantin. Pukulan gendang panjang ini biasanya dipadukan dengan gong atau di kenal dengan nama "ketawak" dalam bahasa melayu pesisir. Bahan gendang umumnya dibuat dari kayu kelapa atau kayu berat lainnya, untuk menghasilkan suara khas yang padat dan bulat. Gendang ini biasanya dimainkan secara berpasangan (dua buah gendang dimainkan oleh dua orang) dan di-tengkah dengan tabuhan ketawak.

Selain produk kerajinan di atas, bangsal kami juga membuat berbagai jenis gendang pengiring dan pelengkap dalam seni musik melayu silakan klik tautan berikut ini untuk melihat berbagai produk kerajinan tersebut: gendang, gambus, gimbam, dan terompet.