Ciri Khas Gambus Bedelau

Bangsal Gambus Sanggar Bedelau telah membuat ratusan gambus selama lebih dari sepuluh tahun. Selama perjalanan panjang tersebut kami selalu membuat gambus mengikuti "pakem" atau resam gambus yang telah melekat pada gambus yang layak disebut sebagai "gambus melayu". Namun demikian gambus "tarahan" kami memiliki ciri khas yang dapat dibedakan dengan gambus lainnya. Jika saat ini anda memiliki gambus dirumah, dan ingin mengetahui apakah gambus merupakan karya pahatan kami, coba perhatikan beberapa detail berikut ini:

Kepala Gambus Corak Naga Menganga1. Kepala Gambus. Salah satu ciri utama gambus bedelau yang paling konsisten adalah bentuk "kepala naga menganga". Bentuk ini telah menjadi ciri utama atau trade mark kami sejak pertama kali manarah gambus. Kepala gambus melayu Riau dan pesisir Sumatra pada umumnya memiliki ciri khas berupa bentuk ukiran hewan, bunga atau bentuk khas lainnya yang menjadi penanda atau memiliki arti penting bagi daerah tersebut. Sedangkan di semenanjung malaysia, brunai darusalam dan pulai kalimantan bentuknya lebih sedarhana dan polos, tanpa motif tertentu.

Telinga Gambus Corak Tematu2. Telinga Gambus. Ciri kedua yang dapat anda lihat untuk membedakan gambus Bedelau dengan yang lainnya adalah bentuk telinga gambus. Pada umumnya bentuk telinga gambus hanya dibuat bulat sederhana berbentuk seperti pasak. Telinga gambus  bedelau selalu dibuat berbentuk ukiran buah tematu, yakni bentuk buah dari pohon nipah yang banyak tumbuh di hutan bakau pesisir Sumatera. Dengan bentuk buah tematu ini, telinga gambus lebih enak dan mudah diputar ketika melakukan penyetelan gambus. Selain itu bentuk buah tematu juga lebih enak dipandang mata.

Lubang Bunyi Gambus Corak Bunga KenangaLobang bunyi corak matahari3. Lubang Bunyi. Keberadaan lubang bunyi di papan penutup depan gambus sangat penting dan menentukan kualitas suara gambus. Gambus melayu semenanjung malaysia biasanya memiliki satu buah lubang bunyi, sedangkan gambus riau lubang bunyinya lebih dari satu. Gambus buatan kami memiliki lubang bunyi (sound hole) dengan  dua bentuk/corak utama yakni corak bunga kenanga dengan 3 buah lubang bunyi dan corak matahari dengan banyak lobang bunyi. Corak bunga kenanga adalah pananda untuk gambus bedelau "modern" sedangkan corak lobang bunyi berbentuk matahari khusus untuk gambus bedelau "klasik".

buntut gambus 4. Buntut gambus. Bagian ekor peregang senar gambus (strings tailpiece) terbaru kami terbuat dari kuningan atau krom. Sedangkan versi lama masih menggunakan aluminium. Penggunaan tailpiece ini memudahkan proses pemasangan dan penggantian senar jika diperlukan.

Jika gambus ditangan anda memiliki ciri-ciri di atas, maka dapat dipastikan bahwa anda telah memiliki gambus hasil kerajinan tangan berkualitas produksi bangsal Sanggar Bedelau. Tahniah!